Pertemuan Kader Posyandu Desa Kedungmaling Januari 2022

26 Januari 2022
Dibaca 144 Kali
Pertemuan Kader Posyandu Desa Kedungmaling Januari 2022

Pagi beranjak menuju siang. Suasana pendopo balai desa Rabu (26/1) menjadi riuh. 50-an orang kader Posyandu Balita dan Lansia bersiap melaksanakan kegiatan rutin bulanan. Pertemuan kader kali ini merupakan pertemuan pembuka di awal Tahun 2022. Menyongsong tahun baru dengan semangat baru serta harapan baru untuk meningkatkan layanan dan inovasi.

Selain dihadiri oleh para kader, hadir pula Hj. Siti Kusniati (Ketua TP PKK Desa Kedungmaling) dan Nur Afidah, SST. (Bidan Desa) sebagai nara sumber sekaligus pembimbing. Pertemuan dimulai tepat jam 10.00 WIB. Nur Afidah dalam materinya menyampaikan tentang tumbuh kembang Balita dan membahas seputar SKDN.

Bila KMS adalah suatu pencatatan lengkap tentang kesehatan seorang anak. KMS harus dibawa ibu setiap kali penimbangan atau pemeriksaan kesehatan anak. Jadi dengan demikian pada tingkat keluarga, KMS merupakan laporan lengkap bagi anak yang bersangkutan, sedangkan pada lingkungan kelurahan bentuk pelaporan tersebut dikenal dengan SKDN.

Apa sih  SKDN itu?

SKDN adalah status gizi balita yang digambarkan dalam suatu balok SKDN,dimana balok tersebut memuat tentang sasaran balita (S), balita yg memiliki KMS (K), balita yg datang timbang/posyandu (D), balita yg BB naik (N), balita yg BB turun (T).

SKDN ini bertujuan agar para kader mengetahui kualitas posyandu masing-masing. Menjadi bahan evaluasi kinerja sekaligus menentukan strategi perbaikan bila dianggap kurang. Di tahun 2022 ini Desa Kedungngmaling mencanangkan penurunan angka stunting yang masih di atas 20%. Oleh karena itu, selain kerja keras dan disiplin waktu yang harus dilakukan oleh para kader, partisipasi masyarakat juga diharapkan lebih ditingkatkan lagi.

Oh ya, merebaknya kasus Demam Berdarah 2 bulan terakhir juga menjadi perhatian. Topik tentang tentang PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) pun tak luput dibahas. Kader Jumantik harus diaktifkan kembali. Satu rumah diharapkan memiliki 1 kader jumantik. Tugas kader Jumantik yang harus untuk mengecek/mensurvey lingkungan disekitar rumah khususnya di kamar mandi.

Alhamdulillah sekitar jam 12.00 WIB pertemuan pun usai. Harapan agar kegiatan Pertemuan Kader ini bisa meningkatkan kualitas sebagai kader. Agar balita disekitar kita semakin sehat dan tumbuh dengan baik serta terbebasnya Desa Kedungmaling dari kasus stunting.

(SLS)