Rapat Persiapan Haul Jam'ul Jawami' ke 57

18 November 2023
EDY PRABOWO
Dibaca 854 Kali
Rapat Persiapan Haul Jam'ul Jawami' ke 57

Setiap tahun, rutin dan sudah berpuluh kali dilaksanakan, "kol-kol an". Istilah yang begitu akrab di telinga kita, khususnya warga Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. 

"Kapan kol-kol an ndok Yai Mail ?" Pertanyaan warga yang rutin mengikuti acara tersebut, entah yang mau berjualan, sekedar healing, ingin mendengar tausyah dalam pengajian umum, atau menjadi bagian aktif pelaksanaan acara itu ketika merasa pelaksanaannya harusnya sudah waktunya.

Atau...

"Ohhh... onok kol-kol an" jawaban yang seragam ketika tiba-2 banyak orang berjualan di Jln. KH. Ismail atau yang lebih dikenal dengan Nganggel.

Kol-kol an yang dimaksud adalah Haul Jam'ul Jawami' yang untuk pertama kali digagas oleh KH. Ismail Ibrohim atau yang lebih dikenal dengan Yai Ma'il, 57 tahun silam. Haul yang sangat legendaris, karena pasti berjubel pengunjungnya dan digelar selama 3 (tiga) hari berturut-turut dengan ratusan lapak PKL disepanjang jalan penghubung Desa Kedungmaling dan Desa Gemekan/Klinterejo tersebut.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Haul Jam'ul Jawami' yang ke 57 tersebut, yang menurut rencana akan dilaksanakan besok pada : 26-28 Desember 2023 serta ditambah pra-acara yaitu Gebyar Sholawat yang akan dilaksanakan pada tanggal : 25 Deember 2023, maka pada hari Jum'at (17/11/2023), dimulai jam 19.30 WIB bertempat di Pendopo "Hatmo Dihardjo" Pemdes Kedungmaling mengumpulkan Ketua RT/RW dan Pengurus Ishari untuk membicarakan sumbangsih yang bisa diberikan oleh warga Desa Kedungmaling. 

Berkenan hadir pada acara tersebut, KH. Syafi'i Asyhadi Ismail (Gus Syafi') salah satu putra Mbah Yai Ma'il untuk memberikan arahan dan petunjuk demi kelancaran acara Haul. Dalam sambutannya Gus Syafi menyampaikan : "Sering kali ada pemahaman yang salah dari masyarakat, khaul Jam'ul Jawami' dianggap sebagai khaulnya Mbah Ma'il, padahal khaul Mbah Ma'il itu jatuh pada tanggal 20 Ramadhan."

Haul Jam'ul Jawami' digagas oleh Mbah Yai Ma'il bertujuan untuk melaksanakan khaul kepada ahli kubur kita semua, ahli kubur para wali seluruh dunia, leluhur kita semua, khaul kumpulannya kumpulan auliya'. Khaul Jam'ul Jawami' adalah yang pertama kali di Indonesia bahkan Dunia, dalam keterangan lanjutan dalam sambutannya. "Maka berbanggalah menjadi warga Desa Kedungmaling, karena salah satu warganya menjadi pelopor Haul yang belum pernah ada sebelumnya dan sekarang banyak ditiru dibanyak tempat di Indonesia dan dunia" pungkas Gus Syafi'.

Sementara itu, Edy Prabowo Kades Kedungmaling dalam sambutannya menyampaikan bahwa Haul Jam'ul Jawami' yang ke 57 ini merupakan tahun kedua masyarakat akan mengambil peran aktif untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan dimaksud. Pemdes Kedungmaling, terutama Ketua RT/RW bersama-sama warga akan berkontribusi untuk turut mensukseskan acara tersebut sebagai bentuk penghargaan dan kebanggan karena Kedungmaling mempunyai "Ikon Religius" yang prestisius yang selama ini hanya Keluarga Ndalem Almaghfurllah Mbah Yai Ma'il beserta dzuriyah Beliau (PP. Darul Hikmah dan PP. Darul Dakwah) yang melestarikannya.

"Kami tidak hanya ingin jadi penonton tetapi memperoleh nikmat dan manfaat Haul Jam'ul Jawami', Tetapi Pemdes dan seluruh warga ingin menjadi bagian acara tersebut, ikut menjadi tuan rumah, ikut sibuk. Walaupun tanpa kamipun, keluarga Ndalem akan mampu selesaikan semuanya" tambah Edy.

Dalam rapat tersebut, setelah melalui musyawarah yang gayeng disertai gurauan yang hangat dan akrab, dimoderatori langsung oleh Kades diperoleh keputusan sbb. :

  1. Sebagian kebutuhan konsumsi berupa nasi kotak untuk acara tanggal 26-28 Desember 2023, akan ditanggung oleh warga.
  2. Boks nasi kotak (steroform), disediakan oleh Ishari Ranting Kedungmaling.
  3. Rincian kebutuhan nasi kotak dirinci sbb. :
    •  Tanggal 26/12/23, Ishari se Jatim : kebutuhan nasi kotak sebanyak : 3.500 boks, ditanggung oleh warga RW 4,5,7, 8 dan 9, dan masing-masing somah di RW dimaksud diharapkan menyumbang @ 4 bungkus nasi kotak.
    • Tanggal : 27/12/2023. Sholawat Qobro dan Dzikir Syaman : kebutuhan nasi kotak sebanyak : 800 boks, ditanggung oleh warga RW 1 dan Perum Grand Kencana 1-3 dan masing-masing somah di wilayah tersebut diharapkan menyumbang @ 3 bungkus nasi kotak.
    • Tanggal : 28/12/2023, Muslimatan : kebutuhan nasi kotak sebanyak : 1.500 boks, akan ditanggung RW 2, 3 dan 6 dan masing-masing somah diharapkan menyumbang @ 3 bungkus nasi kotak.
  4. Untuk tanggal : 26 dan 27, nasi kotak dikumpulkan di rumah Ketua RT/RW sebelum Maghrib dan untuk tanggal : 28 dikumpulkan jam : 06.00 WIB.
  5. Pemerintah Desa beserta Kerua RT/RW akan meberikan edaran kepada seluruh warga atas permohonan bantuan nasi kotak tersebut seminggu sebelum hari H.

"Pengambilan nasi kotak dari rumah Ketua RT/RW untuk dikumpulkan tempat acara yaitu di Masjid Baitul Manshur akan dilaksanakan oleh Ishari Ranting Kedungmaling" ucap Hasan "Uye", Ketua Ranting Ishari Kedungmaling. (ed)