Penyembelihan Hewan Qurban

17 Juni 2024
EDY PRABOWO
Dibaca 53 Kali
Penyembelihan Hewan Qurban

Setelah hampir semalam suntuk gema takbir berkumandang menyambut datangnya Idul Adha 1445 H di seluruh masjid dan musholla di Desa Kedungmaling, dipagi harinya, Senin (17/06/24) dilangsungkan Sholat Ied dan penyembelihan hewan qurban.

Jumlah masjid dan musholla yang melaporkan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebanyak 21 buah dengan total hewan yang disembelih sapi sebanyak 24 ekor dan kambing sebanyak 61 ekor.

Menyembelih qurban termasuk amal salih yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan banyak ulama menjelaskan bahwa menyembelih hewan qurban pada hari idul Adha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban.

Kecuali bernilai ibadah, nilai lain yang tercermin dari penyembelihan hewan qurban adalah kegotong royongan, sebagai budaya luhur bangsa Indonesia, khususnya warga Desa Kedungmaling.

Gotong royong dalam pengadaan hewan qurban dengan sistim arisan/tabungan sebanyak 7 orang, kecuali mampu mewujudkan pembelian seekor sapi tetapi dalam prosesnya juga mampu mempererat silaturrahmi karena dimulai beberapa bulan sebelum hari raya Idul Adha, yang otomatis terjalin komunikasi dan pertemuan yang intens.

Kegotong royongan dan kebersamaan terutama dirasakan dalam pelaksanaan qurban. Hampir seluruh warga disekitar musholla dan masjid terlibat dalam proses penyembelihan, ‘mbeteti’, menimbang, memasak dan makan bersama serta mendistribusikan daging yang sudah dikemas kepada warga.

Kepedulian pada sesama serta sifat kasih sayang juga dirasakan ketika panitia mulai mendata seluruh warga terdekat tanpa kecuali, tanpa membedakan status sosial ekonomi bahkan agama. Semua didata untuk diberi daging hewan qurban sesuai estimasi jumlah daging dari jumlah hewan yang disembelih.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi, melimpahkan keberkahan, kenikmatan dan kebahagiaan pada kita semua. Aamiin. (ed).