Ruwah Desa

21 Februari 2024
EDY PRABOWO
Dibaca 152 Kali
Ruwah Desa

Khotmil Qur’an yang telah dimulai pukul : 06.00 WIB pada hari Selasa (20/02/24) yang dilaksanakan di Pendopo “Hatmo Dihardjo”, di Balai RW 3 dan 9 serta kediaman Kepala Desa Kedungmaling merupakan rangkaian acara Ruwah Desa dan Do’a bersama Desa Kedungmaling, Tahun 2024.

Dilanjutkan dengan “ledang” keliling desa oleh drum band IPNU dan IPPNU Ranting Kedungmaling untuk mengingatkan dan mengajak seluruh warga desa untuk menghadiri acara inti Ruwah Desa yaitu pengajian umum oleh mubaligh kondang KH. Imam Hambali dan Abah Topan dari Surabaya.

Sesaat setelah sholat Maghrib atau sekitar pukul 18.15 WIB rangkaian acara inti dimulai dengan pembacaan Diba’ dan Sholawat oleh Jam’iyah Pengajian Rutin PKK “Thoriqul Jannah” sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang dilipahkan Allah SWT dan sebagai bentuk kecintaan terhadap baginda Nabi Muhammad SAW.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Forkompinca : Bpk. Masluchman, SH. M.Si. (Camat Sooko), Bpk. AKP. Suwarso SH. (Kapolsek Sooko), Bpk. Kapten (Inf) Irsyad Hari Purnomo (Danramil Sooko), Kepala Desa Gemekan dan Wringinrejo.

Selain itu, yang tampak hadir adalah Ibu Hj. Inuk Mufida Emilia, S.Pd. (Kades periode : 2007-2013), Bpk. Kukuh Suwoko, SH (Kades periode : 2013-2019), KH. Imam Hanafi (Ketua NU Ranting Kedingmaling), DR. Amir Salahudin (Rois Syuriah), KH. Ma’ruf Ibnu Amrirudin (Pengasuh PP Darul Dakwah), KH. Nafek Balya, S.Pd, M.Pd (Pengasuh PP Darul Hikmah), Gus Nasir Munawir (Pengasuh PP Riyadul Qur’an), KH. Nuruh Huda, Gus Azis, seluruh Ketua Banom NU Ranting Kedung Maling, seluruh Ketua dan anggota Lembaga Desa serta tokoh masyarakat dan tokoh agama Kedungmaling.

Setelah pembacaan ayat suci Qur’an oleh Ustadz Muhammad Nurli Raihan dilanjut dengan pembacaan Istighotsah dan Tahlil dipimpin oleh H. Ali Imron (Kasi Pelayanan) serta pembacaan Sholawat Nabi oleh Ishari Ranting Kedungmaling yang dilaksanakan dengan penuh khidmad dan kompak.

Ratusan warga mendengarkan dengan seksama sambutan pertama oleh Camat Sooko yang menyampaikan bahwa Ruwah Desa yang dilaksanakan di Kedungmaling dengan menggelar do’a dan pengajian adalah acara yang sangat baik sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT dan harapan agar Desa Kedungmaling menjadi lebih baik.

“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh warga Kedungmaling yang telah mengikuti dan melaksanakan Pemilu dengan aman, tentram dan kondusif. Beda pilihan adalah sesuatu yang wajar dan biasa, janganlah sampai merusak persaudaraan dan persahabatan. Saatnya kita kembali rukun dan bersatu lagi membangun Desa” tambahnya.

Ucapan terima kasih atas bantuan seluruh warga dan elemen masyarakat Desa kedungmaling baik moril maupun materiil sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan disampaikan Edy Prabowo (Kades Kedungmaling) dalam sambutannya.

Acara yang paling dinanti oleh hadirin adalah pengajian oleh KH. Imam Hambali dan Abah Topan berlangsung sangat gayeng dan interaktif karena dibawakan dengan santai diselingi dengan humor yang “mengena”.

Kecuali memberikan amalan untuk menggapai hidup tentram dengan rejeki yang berkah dan melimpah, KH. Imam Hambali menyampaikan 2 tanda amalan yang manfaat dan barokah yaitu dilaksanakan dengan senang hati dan istiqomah. Acara ditutup dengan do’a dan berakhir sekitar pukul 22.30 WIB. (ed).