Pengangkatan Sumpah Panitia Ajudikasi PTSL dan Satgas 2024

12 Februari 2024
EDY PRABOWO
Dibaca 723 Kali
Pengangkatan Sumpah Panitia Ajudikasi PTSL dan Satgas 2024

Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto, Jln. Pahlawan No. 45, Senin (12/02/2024), dilangsungkan Pengangkatan Sumpah Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Satgas Tahun 2024.

Pengangkatan sumpah dipimpin langsung oleh Budiono, A.Ptnh, MH. Kepala Kantor BPN Kabupaten Mojokerto kepada Pejabat BPN Kab. Mojokerto dan 14 Kepala Desa sebagai anggota Panitia Tahun Anggaran 2024. Secara simbolis, penanda tanganan sumpah oleh Kepala Desa diwakili oleh Nanik Nurhayati, Kepala Desa Kebondalem, Kec. Mojosari.

Dalam sambutannya Budiono menyampaikan bahwa PTSL adalah program serentak untuk memberikan jaminan kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah masyarakat yang telah dimulai sejak tahun 2017 sebagai upaya merealisasikan target Presiden bahwa pada tahun 2025 nanti seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar.

“Pengukuran tanah nantinya dilakukan dengan menggunakan alat pemotretan drone dan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan cara menghindarai perbuatan-perbuatan yang dapat merendahkan institusi dan panitia secara keseluruhan. Kepala Desa diharapkan untuk berpedoman pada SKB 3 Menteri” kata Budiono.

Sementara itu Desa Kedungmaling dalam PTSL tahun 2024 ini ditargetkan untuk dapat menyelesaikan 1.100 Setifikasi hak Atas Tanah (SHAT) dan pemotretan drone telah dilaksanakan pada hari Senin, (05/02/2024).

“Diharapkan warga desa Kedungmaling memanfaatkan kesempatan yang sangat baik ini dan segera mendaftarkan tanah yang selama ini telah dikuasi namun belum bersertifikat” kata Edy Prabowo, Kepala Desa Kedungmaling. (ed)