Verval KPM PKH Susulan Tahun 2022

20 Maret 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 132 Kali
Verval KPM PKH Susulan Tahun 2022

Sebanyak 70 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2022 (susulan) hadir di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Jumat (18/3) pagi kemarin. Kehadiran mereka adalah untuk mengikuti proses verifikasi dan validasi data penerima baru. Verifikasi bertujuan untuk membuktikan bahwa antara data yang ada dengan KPM adalah benar. Oleh karena itu semua KPM wajib membawa undangan dan bukti diri yang benar. Sementara untuk validasi dilakukan oleh pendamping PKH dari Dinsos Kab. Mojokerto secara online.

Eko Prasetyo Sekdes, mewakili Kades Kedungmaling menyampaikan permohonan maaf dan salam karena beliau tak bisa hadir membuka kegiatan. Selanjutnya menyampaikan bahwa Kedungmaling mendapatkan jatah KPM susulan terbanyak di Kecamatan Sooko. Hal ini patut disyukuri dan diharapkan dapat tervalidasi semuanya. Oleh karena itu beliau berharap bahwa para KPM ini pun dapat berpartisipasi aktif untuk membayarkan PBB. Mengingat membayar PBB merupakan kewajiban bagi seluruh warga Indonesia berkontribusi dalam pembangunan.

Selanjutnya Nur Susanti selaku pendamping PKH Dinsos Kab. Mojokerto menyampaikan berbagai macam seluk-beluk mengenai PKH, diantaranya adalah:

  1. Siapakah saja yang telah menerima maupun belum menerima kartu PKH dan menerima dana tunai.
  2. 4 komponen sebagai pertimbangan pemerintah dalam memberikan PKH kepada KPM. 4 komponen tersebut adalah keluarga pra-sejahtera yang terdapat anak sekolah (SD, SMP, dan SMA) serta lansia (usia di atas 60 tahun).
  3. Hak dan kewajiban apa saja yang harus diketahui oleh para KPM PKH.
  4. Akan dilaksanakan validasi satu demi satu KPM, dimana sebelumnya telah dilakukan oleh verifkasi oleh Nur Kholifah operator SIKS-NG Desa Kedungmaling.

Setelah penjelasan oleh pendamping PKH, berikutnya adalah proses validasi online yang dilakukan Nur Susanti bersama Nur Kholifah. Satu persatu para KPM dipanggil ke depan untuk dilakukan pengecekan kembali. Memastikan bahwa mereka telah memenuhi 4 kritera yang telah disebutkan di atas. Dengan telaten mereka dilayani hingga tuntas pada jam 11.40 WIB.