Refleksi Akhir Tahun Ketua RT/RW Desa Kedungmaling

22 Desember 2022
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 104 Kali
Refleksi Akhir Tahun Ketua RT/RW Desa Kedungmaling

Bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto, Kamis (22/12) malam dilangsungkan kegiatan Refleksi Akhir Tahun Ketua RT/RW Desa Kedungmaling. Acara yang diikuti oleh seluruh perangkat desa dan para Ketua RT/RW.

Dalam sambutan pengantarnya, Edy Prabowo Kades menyampaikan beberapa hal diantaranya:

  1. Beberapa upaya pembangunan fisik desa tak lepas dari peran penting dari Hj. Setia Pudji Lestari, SE.,MSi. Selaku anggota legislatif beliau selalu mendorong agar Desa Kedungmaling mampu tumbuh dan mengembangkan diri. Sebagaimana keberhasilan Desa Kedungmaling mendapatkan Pagu Indikatif 2023. Untuk memperoleh itu prosesnya tidaklah semudah membalikkan tangan. Seruang proses panjang dan berliku agar dapat mengawal pengajuan hingga realisasi.
  2. Capaian berupa prestasi dalam ajang lomba pun cukup membanggakan. Juara III Desa Berseri Tingkat Kab. Mojokerto, Desa Favorit Program Deepening Desa BRIlian 2022, Juara I Lomba Pemberian Makanan Tambahan Pangan Beragam Bergizi, Seimbang, dan Aman (PMT B2SA) Tingkat Kabupaten Mojokerto Tahun 2022, dan terakhir adalah Pengahargaan Sebagai Salah Satu Desa Mandiri Kab. Mojokerto.
  3. Khaul Jam'ul Jawami' sebagai salah satu kegiatan ikonik Desa Kedungmaling. Oleh karena itu dukungan seluruh Ketua RT/RW diharapkan ikut serta secara aktif untuk menyukseskan acara yang diselenggarakan pada Januari 2023.
  4. Pelaksanaan pembangunan jalan di RW 09, RW 04, dan RW 03 diharapkan dapat partisipasi masyarakat di lingkungan masing-masing. Sebab proyek tersebut dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat setempat.
  5. Menyikapi kondisi persampahan di Desa Kedungmaling, kini mulai berbenah diri. Seiring telah selasainya pembangunan TPS3R, maka rintisan awal untuk pengelolaan sampah diambil lingkungan RW 08 sebagai pilot project. Hal ini sekaligus butuh gerak cepat Pemdes bersama BPD untuk segera merancang Perdes Pengelolaan Sampah. Sehingga diharapkan ke depannya sampah bukan menjadi masalah, namun menjadi berkah untuk seluruh warga.
  6. Program KOTAKU yang nilainya sangat besar dan melibatkan banyka OPD diharapkan dapat terealisasikan. Sebab realisasinya akan mampu memberi 'wajah baru' Desa Kedungmaling.

Selepas sambutan dari Kades Kedungmaling, dilanjutkan dengan diskusi tentang masalah persampahan yang dipimpin oleh Eko Prasetyo Sekdes. Pada prinsipnya semua Ketua RT/RW setuju untuk pengelolaan sampah secara terpusat. Tinggal mengatur secara teknis tentang penarifan, penarikan sampah, serta hal teknis lainnya.

Usai ditutup doa oleh H. Ali Imron, para Ketua RT/RW secara tertib dan urut diterimakan insentif untuk bulan Juli - Desember 2022. Insentif ini mungkin nilainya amat kecil. Namun diharapkan dapat menjadi pemacu semangat pengabdian untuk melayani warga. Alhamdulillah jam 21.30 WIB seluruh rangkaian acara pun tuntas.