Pelantikan KPPS Desa Kedungmaling

25 Januari 2024
EDY PRABOWO
Dibaca 416 Kali
Pelantikan KPPS Desa Kedungmaling

Pesta demokrasi untuk memilih Presiden dan Wakilnya, Anggota DPD, DPR dan DPRD yang akan dilaksanakan pada tanggal : 14 Februari 2024 tinggal beberapa hari lagi, dan yang bertindak sebagai pelaksana pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPPS adalah kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui beberapa tahapan dan syarat tertentu yang secara lengkap diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1669 Tahun 2023.

Setelah melalui beberapa tahapan yang dimulai dengan Pengumuman dan Pendaftaran Calon anggota KPPS pada awal Desember 2023 dan diakhiri dengan Penetapan anggota KPPS tanggal 24 Januari 2024, melalui SK PPS Kedungmaling Nomor :  22/PP.05.1-PU/3516-13-2004/2024 maka pada hari Kamis (25/01/2024) bertempat di Pendopo “Hatmo Dihardjo” Desa Kedungmaling, dilangsungkan Pelantikan KPPS Desa Kedungmaling oleh Ketua PPS Desa Kedungmaling Yudi Irawan. Hadir dalam kesempatan tersebut Serka Suwarno (Babinsa), Aipda Bayu Tedra, SH (Bhabinkamtibmas), Judi Purwoto (PKD) dan Edy Prabowo (Kades Kedungmaling).

“Pada Pemilu Tahun 2024 ini, jumlah TPS di Desa Kedungmaling sebanyak 21 buah dengan jumlah anggota KPPS sebanyak 7 orang disetiap TPS, sehingga total anggota KPPS yang dilantik pada hari ini sebanyak 147 orang dan hadir lengkap” ujar Yudi Irawan ketika dimintai keterangan.

“Masa kerja anggota KPPS ini selama 1 bulan terhitung mulai tanggal : 25 Januari sampai dengan tanggal 25 Februari 2024 dan untuk selanjutnya akan kami berikan pembekalan melalui Bimbingan Teknis Anggota KPPS yang rencananya akan kita mulai Jum’at malam agar dalam pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan lancar dan sukses” tambahnya.

Edy Prabowo Kepala Desa Kedungmaling dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilu adalah Pesta Demokrasi, dan layaknya sebuah pesta maka kegembiraan dan suka cita harus tercipta pada saat pelaksanaan pencoblosan di TPS. Oleh karena itu diharapkan seluruh anggota KPPS adalah orang-orang yang paling bahagia dengan semangat tinggi pada tanggal 14 Februari sehingga mampu ciptakan suasana yang menggembirakan di TPS masing-masing.

“Siapkan tenaga, pikiran serta hati yang riang karena proses pencoblosan, penghitungan sampai pelaporan akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan melelahkan. Bila fisik dan mental tdk siap akan pengaruhi hasil kerjaan” pungkasnya.  (ed).