Pleno Pantarlih PPS Desa Kedungmaling

12 Maret 2023
MOCHAMAD NUZULUL ARIFIN
Dibaca 90 Kali
Pleno Pantarlih PPS Desa Kedungmaling

Bertempat di Pendopo Balai Desa Kedungmaling, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto, Ahad (12/3) malam dilaksanakan Pleno Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). Sebagaimana ketentuan KPU RI bahwa proses Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih dilakukan sejak tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2022.

Selanjutnya coklit di tingkat PPS harus sudah dirampungkan pada 12 Maret 2023. Sebagaimana yang dilakukan oleh 21 orang Pantarlih di Desa Kedungmaling. Acara pleno yang dibuka oleh Nur Kholifah, dilanjutkan dengan sambutan pertama oleh Ketua PPK Kec. Sooko, Tiar Geseng Gumilar.

Beliau menyampaikan bahwa malam ini (12/3) adalah malam terakhir kegiatan pencoklitan di tingkat PPS. Selanjutnya Pantarlih masih diharapkan tetap membantu dalam pemenuhan data-data (kependudukan) selanjutnya.

Sementara itu Yudi Irawan Ketua PPS Desa Kedungmaling menyampaikan tentang masih adanya data kependudukan yang tidak ditemukan. Untuk data yang tidak/belum ditemukan tetap dilakukan proses Coklit. Sebagaimana ditemukan beberapa kasus diantaranya:

  1. Di TPS 3, ada 3 orang datanya belum ditemukan.
  2. Di TPS 5, ada 2 orang yang tak mau didata oleh TPS setempat. Akhirnya didata oleh Pantarlih  dari TPS lainnya.
  3. Pengisian buku harian lengkap semua.
  4. Rekapitulasi menyisakan TPS 09 saja (belum lengkap).
  5. Untuk pemilih baru harus menyertakan fotokopi KTP dan KK. Bagi yang belum bisa disusulkan segera.

Alhamdulillah secara umum  sampai dengan tenggat waktu akhir hampir semuanya dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Bila ada kekurangan maka sesegera mungkin dapat dilengkapi. Sekitar jam 21.00 WIB Pleno Pantarlih-pun usai.